Contoh naskah drama - teks drama singkat

Contoh naskah drama - Drama adalah sebuah seni peran dan pementasan yang melakonkan kebuah kejadian yang sudah disetting atau diataur sebelunnya. Drama ini memiliki aplikasi yang cukup luas seperti dipadukan dengan tarian dan musik. Selain itu drama juga kadang disiarkan melalui televisi dan radio selain dipentaskan langsung diatas panggung.

Di indonesia sendiri, dara sudah menjadi bagian dari budaya tradisional. Kita dapat mengenal drama dari masing2 daerah contohnya Wayang orang, ketoprak, ludruk (di Jawa Tengah dan Jawa Timur), lenong (Betawi), randai (minang), reog (Jawa Barat), rangda (Bali) dan sebagainya.

Berikut ini adalah sebuah contoh naskah drama yang bisa dilihat sebagai referensi buat anda.

Contoh naskah drama singkat

JUDUL: KAU MILIKKU DAN JUGA MILIKNYA

PEMAIN: BEJO, AMIR, WINDA, PETUGAS KASIR

(Setting: di sebuah taman kota pada sore hari)

Bejo: Sayang, minggu depan ada acara ulang tahun sepupuku. Aku mau ajak kamu datang ke pesta itu

Winda: (mencoba mengingat - ingat, apakah dia juga ada janji kencan dengan Amir, pacarnya yang satu lagi)..hhmm..pengen siy, tapi lihat nanti ya. Aku belum tahu minggu depan di kantor ada lembur atau tidak.

Bejo: (yang sebenarnya sudah tahu kalau Winda ada kencan dengan Amir)..duuh..diusahain donk. Kan aku juga pengen ngenalin kamu ke keluarga besarku.

Winda: Iya..aku usahain..(tak lama kemudian HP Winda pun berdering. Winda melirik layar HP nya dan ternyata Amir yang menelepon)

Bejo: Kok ngga diangkat say?

Winda: ah ngga penting..dari temenku kok. Nanti aku telp balik saja (sambil berusaha menyembunyikan kegugupannya)

Bejo: eh pinjam HP nya donk..aku mau sms temen kantorku (sambil senyum - senyum usil)

Winda: pulsaku habis juga tuh (sudah mulai merasa tidak nyaman)

Bejo: oh ya sudah lah..yuuk kita pulang saja. Sudah sore nih

Winda: (merasa belum mendapatkan barang apapun hari itu, dia berpikir keras tentang bagaimana caranya bisa mengajak Bejo ke mall) kita ke mall dulu yuuk..ngadem bentar gitu..sambil lihat-lihat

Bejo: oh pengen ke mall? ayoo..
(kemudian mereka berdua jalan ke mall karena jarak antara taman dan mall yang dekat)

(Setelah sampai di mall)
Winda: (sibuk memilih - milih baju dan sebuah di sebuah butik)..bagus ngga say? pantes ngga aku pakai ini? (sambil bergaya bak foto model)

Bejo: oh bagus..makin cantik aja kamu (Bejo yang tahu akal bulus Winda yang selalu morotin uangnya mulai pasang strategi)

Winda: udah ini aja..setelah bayar kita pulang biar ngga kemalaman (sambil membawa barang - barang belanjaannya ke kasir)

(Bejo yang biasanya langsung mengikuti winda ke kasir, saat itu terlihat anteng di dekat kamar ganti dan pura-pura tidak mendengar ajakan Winda)
Winda: (berteriak untuk kesekian kalinya)..Sayang..ini lho sudah selesai dihitung belanjaannya

Bejo: (sambil jalan mendekat) ya udah..tinggal dibayar kan

Winda: kok kamu gitu..kan biasanya kamu yang bayarin (sambil marah teriak - teriak)

(tak lama kemudian Amir pun mendekat ke meja kasir)
Amir: oh ini juga yang biasa membayari barang - barang belanjaanmu?

Winda: (dengan ekspresi yang kaget setengah mati) eh..hmm...anu..kok kamu bisa disini?

Amir: aku memang sengaja datang kesini. Aku dan Bejo sudah tahu polah tingkahmu mempermainkan kamu

Bejo: sudah puas kan kamu menghabiskan uang kami berdua selama ini?

(petugas kasir mengingatkan Winda untuk segera membayar barang belanjaannya karena jumlah orang yang antri semakin banyak)
Winda: (dengan tertunduk malu) maaf mbak, saya tidak jadi beli semua barang-barang ini (kemuddian terdengar teriakan cemooh orang - orang yangs edang antri di belakang Winda)

Amir & Bejo: enak ya dibikin malu seperti sekarang. Kena batunya kan sekarang.
(tanpa menjawab, Winda kemudian lari meninggalkan Bejo dan Amir      

Artikel terkait :
contoh naskah berita
contoh naskah film
contoh naskah pidato
contoh makalah
contoh surat pengunduran diri
contoh surat lamaran bahasa inggris

Related Posts: